makanan-khas-bali

10 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba!

Berkunjung ke suatu daerah tidak akan lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Nah kalau Anda ke Bali, 10 daftar makanan khas Bali di bawah ini wajib masuk dalam daftar Anda. Dijamin Anda akan merasakan cita rasa makanan yang akan membuat Anda selalu kangen untuk kembali lagi!

Ayam & Bebek Betutu

Betutu menjadi menu makanan paling ikonik jika berkunjung ke Bali. Ayam Betutu memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah dan sangat cocok bagi Anda penggila makanan pedas! Siap-siap saja jatuh cinta dengan rasa nikmat nan gurih menggoyang lidah.

Ayam Betutu yang merupakan makanan khas Gilimanuk ini dibuat dari ayam kampung asli. Untuk mendapatkan rasa pedas dan gurih yang otentik, pembuatannya memakan waktu hampir 24 jam dan prosesnya pun cukup unik, yakni  bumbu rempah dimasukkan ke dalam perut ayam kampung dan dagingnya dibungkus daun pisang, kemudian dipanggang di atas bara api sekam. Untuk mengimbangi rasa pedas, ada plecing kangkung yang segar serta kacang goreng sebagai pelengkap. Beuh, sedap!

Selain ayam, Bebek Betutu juga terkenal lho. Namun pembuatan Bebek Betutu biasanya memerlukan waktu hanya 6-7 jam saja. Setelah bumbu dimasukkan ke perut bebek dan dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang sehingga rapat. Bebek ditanam dalam lubang di tanah. Rumah makan khas Bali kini tidak hanya menyajikan ayam sebagai bahan dasar utama menu Betutu, namun juga bebek. Soal rasa, sama lezatnya!

Serombotan

Jalan-jalan ke Bali tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi Serombotan. Makanan khas Klungkung ini berupa lalapan beberapa jenis sayur seperti kangkung, kacang panjang, kubis, terong bulat, tauge dan pare yang direbus setengah matang. Bumbu pelengkap untuk Serombotan ini dinamakan Kalas, akni santan bercampur dengan kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur yang ditumbuk halus dan dikombinasikan dengan bumbu kacang serta bumbu pedas.

Serombotan dihidangkan menggunakan kacang goreng dan nasinya bercampur ubi jalar yang dikenal dengan Nasi Séla. Selain di Klungkung, Serombotan sudah tersedia di berbagai pelosok Bali jadi gampang bagi Anda untuk mencarinya.

Sate Lilit

Jika pada umumnya pembuatan sate dengan cara ditusuk, Sate Lilit ini dibuat dengan cara melilitkan daging ikan pada potongan bambu memanjang atau batang serai agar aroma serai dapat menyatu dengan daging. Sate Lilit ini terbuat dari ikan yang dihaluskan lalu diberi tepung serta bumbu-bumbu khas Bali.

P1090964.JPG (1600×1200)

Rasanya sangat khas, berpadu antara pedas, wangi, manis dan gurih dengan aroma dari batang serai. Bukan hanya sekedar nikmat, sate lilit pun sehat karena rendah lemak. Anda dapat menemukannya di rumah makan khas Bali yang dekat lokasinya dengan pantai. Hmm.. nikmat!

Be Pasih Sambal Matah

Makanan yang berarti “Ikan Laut Sambal Mentah” ini menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Dilengkapi dengan bumbu bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi, garam dan kadang-kadang dengan kencur, ikan laut segar yang telah dilumuri bumbu tersebut hingga meresap lalu dipanggang dengan arang kayu atau arang batok kelapa.

CIMG6291.jpg (640×480)

Nah, untuk bahan sambalnya terdiri atas bawang merah, cabai rawit, sereh, terasi bakar, garam, dan bisa juga ditambahkan cabai besar untuk memberi tambahan rasa. Bahan-bahan tersebut dicampur, dirajang halus, lalu diremas-remas untuk menyatukan rasa. Terakhir, ditambahkan minyak kelapa asli dan air perasan jeruk limau yang menambah kelezatanya. Sambal mentah ini adalah salah satu sambal khas Bali yang wajib dicoba.

Babi Guling

Babi guling juga menjadi makanan primadona di Bali bagi umat non-Muslim. Dibuat dari anak babi yang perutnya diisi dengan bumbu dan sayuran, misalnya daun ketela pohon, lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang, sangat umum dijumpai hampir di semua wilayah di Bali. Babi guling ini disajikan sebagai sarana upacara adat atau keagamaan.

Gianyar menjadi kabupaten yang terkenal akan kelezatan Babi Guling-nya. Satu porsi menu Babi Guling disajikan bersama semangkuk kecil Jukut Ares (sayur berbahan anak pohon pisang), lawar serta sebuah Sate Lilit. Tidak perlu diragukan lagi rasanya, kulit dagingnya yang renyah tentu akan membuat Anda buru-buru mencicipinya.

Lawar Kuwir

Campuran sayur-sayuran dan daging cincang dicampur dengan bumbu khas Bali adalah definisi untuk makanan khas Bali yang satu ini. Jika biasanya Lawar menggunakan daging ayam atau babi, lawar yang sedang menarik perhatian untuk dicicipi saat ini adalah Lawar Kuwir, yakni lawar yang menggunakan daging bebek entog.

Biasanya daging entog matang yang telah dicincang kemudian dicampur dengan potongan sayur kacang panjang setengah matang ditambah parutan kelapa dan dilumuri bumbu Bali. Mantap!

Rujak Kuah Pindang & Rujak Bulung

Meskipun baunya agak menyengat, namun Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung (rumput laut) ini tetap menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Bali. Kuah ikan tuna berbumbu pedas khas Bali dicampurkan ke dalam macam-macam irisan buah jadilah Rujak Kuah Pindang. Jika dicampurkan rumput laut, dinamakan Rujak Bulung.

Rujak Kuah Pindang

 

rujak-bulung-1.jpg (918×612)
Rujak Bulung

Makanan ini mudah ditemukan di warung kecil pinggir jalan. Sensasi segar buah atau rumput laut dicampur kuah pindang akan menari di lidah Anda!

Selamat berburu!

Tipat Blayag

Kuliner khas Singaraja ini kini tersebar di berbagai belahan area Bali. Tipat Blayag dibuat dari ketupat yang tidak berbentuk persegi, melainkan lebih mirip lontong yang dibuat dari daun kelapa yang masih muda atau daun enau muda dan berbentuk lilitan memanjang.

Tipat-Blayag.jpg (640×640)

Berbeda dengan olahan tipat biasanya yang memakai bumbu kacang, Tipat Blayag ini menggunakan olahan tepung beras dan campuran bumbu lengkap khas Bali.

Makanan pelengkapnya berupa ayam sisit, sayur urab, gorengan kulit atau ceker ayam dan kacang kedelai goreng atau rempeyek. Siap mencoba?

Nasi Campur Ayam Bali

Ini adalah menu komplit semua makanan khas Bali di dalam satu piring! Yap, Nasi Campur Ayam Bali adalah jawaban bagi Anda yang belum sempat menyicipi sate lilit, ayam betutu, sayur urap, lawar ayam serta sambal matah.

nasi_ayam_kedewatan_by_maftynavue-d2zdd6w.jpg (900×675)

Menu ini selalu menjadi pilihan wisatawan yang ingin mencicipi kelezatan kuliner Bali dalam sekali hap. Menariknya lagi, setiap tempat makan memiliki menu lauk yang sangat bervariasi dan siap melengkapi nasi hangat dengan telur sambal tomat, kulit ayam goreng, sayur daun singkong pedas, serta taburan kacang tanah goreng atau serundeng. Mantap!

Nasi Jinggo

Makanan a la street food ini tentu sangat mudah Anda jumpai dan murah meriah. Kemasannya dari daun pisang serta sambal super pedas menjadi ciri khas Nasi Jinggo. Nasi Jinggo ini disajikan bersama lauk ayam suwir, tempe goreng dan mie goreng. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan tambahan serundeng dan kacang goreng. Sementara porsi nasi yang hanya sekepalan tangan orang dewasa akan membuat Anda tidak akan merasa kenyang hanya dengan sebungkus Nasi Jinggo saja.

nasi-jinggo2-tokomesin.jpg (600×379)

Pedagang-pedagang Nasi Jinggo biasanya mulai bermunculan sejak sore hingga tengah malam. Tidak ada yang tahu pasti bagaimana asal mula nama jinggo pada makanan ini. Namun konon, kata jinggo (jeng go) berasal dari bahasa Hokkian yang artinya seribu lima ratus. Memang ketika tahun 1997 Nasi Jinggo ini dibandrol dengan harga Rp 1.500 per bungkusnya, namun kini Anda dapat membelinya seharga Rp 3.000 – Rp 5.000.

Tertarik untuk berburu makanan khas Bali namun bingung cari paket wisata Bali murah dan harga sewa mobil murah di Bali?

Sekarang dengan perkembangan usaha yang kami miliki, kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi customer kami.

Nikmati mudahnya fasilitas transaksi pemesanan, respon cepat, fleksibilitas, efisiensi waktu dan tentunya harga sewa mobil murah di Bali. Tidak perlu ragu dengan transportasi, Ananda Tour adalah solusi yang menyediakan paket tour wisata dan sewa rental mobil elf murah di Bali. Dengan tampilan baru dan lebih segar, kami siap melayani Anda selama menikmati tour di Bali.

Tunggu apa lagi! Segera isi form untuk pemesanan sekarang juga!

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi: 087860213168 / 082145999058

Follow kami juga di Facebook dan Instagram agar tidak ketinggalan informasi ter-update seputar Ananda Tour! :)

Selamat berlibur!

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *